Kamis, 14 Juli 2011

Konser Musik Klasik

Resital Piano:
Masataka Goto:Musik Liszt punya kekayaan lirik yang indah
Surabaya (14/07) Musik merupakan nada indah yang dapat mampu menarik dan menghibur khalayak yang ada dimuka bumi ini. Oleh sebab itu musik juga dapat memberikan warna yang indah kehidupan serta membuka wawasan yang baru bagi para penikmat musik tersebut. Salah satu karya musik yang dahysat itu dapat dilihat dari karya Franz Liszt. Sedikit sejarah singkat dari Franz Liszt. Beliau ialah sosok figur anak manusia yang sangat unik dan menarik hidup namun piawai dalam bermusik diera abad ke 19. Dalam masa mudanya ia adalah seorang Rohaniawan Katholik Hungaria yang memiliki karya yang begitu memiliki nada yang kental dengan kekristenan. Akan tetapi musiknya semakin terkenal bahkan ia menjadi pujaan setiap wanita sehingga hidupnya juga sempat tergeliat dengan kerinduan akan kepentingan duniawi. Namun ketika ia beranjak menjadi tua, maka Franz Litszt kembali menyadari bahwa kehidupan religiositasnya itu penting dan semakin memantapkan dirinya untuk menciptakan musik-musik yang baik. buktinya banyak karya-karya musiknya yang bertemakan tentang cinta, romantisme, dan Rapshody hungaria yang menyenangkan , opera yang menggambarkan sebuah keindahan yang tak terucapkan sepanjang masa.
Untuk mengenang dan memelihara akan karya dari Franz Liszt ini maka diadakan Kompetisi internasional dari tanggal 27 Maret sampai dengan tanggal 9 Maret 2011. Dari kompetisi itu diambil anak-anak muda yang piawai dalam memainkan piano. Penyeleksian contest itu dari kota Shanghai,Moscwo , juga Utrecht. “Ada 69 pianist yang berbakat yang tersaring kemudian disaring menjadi 24 pianist”ujar Quinter Peeler yang merupakan direktur Liszt Competition. Lalu kemudian terpilihlah Masataka Go to yang memenangkan kompetisi internasional ke 9 dari Franz liszt di Belanda. Pemenang dari Kontest ini akan memainkan komposisi –komposisi Franz Liszt ini di 20 negara dan sekarang ini sudah 13 negara yang ia kunjungi termasuk Indonesia. Masataka Goto menyatakan bersama dengan Musik Liszt semua element teknik musiknya, saya menyerap kekayaan lirik, esensi yang begitu dalam, dan unsure etnik dimana saya merasa sangat dekat secara alami. Di Jakarta sambutan masyarakat begitu antusias terhadap musik yang dimainkan. “Dan mereka sangat applaus dan apresiatif dengan permainan saya”ujar pria yang mengenakan baju putih itu.
Selain Di Jakarta dan Surabaya, Masataka juga akan melawat beberapa kota Semarang, dan akan berakhir di Jogyakarta. Sebelum wawancara berakhir Masataka memainkan Karya Franz Litsz yang berjudul La Campanella. Begitu rancak, indah dan meriah musik ini sehinggga semua orang yang hadir pada jumpa pers dibuat terpukau oleh kehebatan musisi berbakat jepang itu . Masataka akan tampil dalam konser piano dikhalayak ramai pada tanggal 15 juli 2011 di hotel Sheraton Surabaya atas kerjasama Yayasan Caraka Mulia dan organisasi musik Franz liszt . (Petir)
foto:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar